Sosialisasi Verval Nomor Ponsel Terkait Program Bantuan Kuota Internet (SD, SMP, SMA, dan SMK)
Oleh
Rifaus.Id (infodapodik.blogspot.com)
MC : Meita Chairany
Hasan Chabibie
- Mohon maaf atas keterlambatan acara
- Sekolah nantinya mencetak SPTJM terhadap kebenaran nomor HP,
- Sudah di atas 27 juta nomor hanphone yang sudah masuk dari siswa guru, mahasiswa dan dosen
Aris Setio Nugroho Pusdatin
1. Harus
ada SPTJM dari Kasek/Rektor, bahwa nomor2 itu valid atau tidak, nomor ini akan
diberikan ke operator seluler, kemudian operator seluler melakukan verifikasi
dan akan diberikan nota atau catatan dan akan diperbarui lagi oleh sekolah jika
ada yang perlu perbaikan. Kemudian ditanda tangani SPTJM oleh Kasek. Nomor yang
sudah di SPTJM inject quota
peserta didik SD/SMP/SMA/SMK 35 GB, Guru 42 GB, Mahasiswa/Dosen 50 GB
2. Nomor
yang akan dikembalikan ke sekolah jika gagal inject, dan diikutkan pada periode
berikutnya pemberian bantuannya. Pemberian bukan pulsa tapi paket data. Harapan
kami tidak ada jual beli pulsa.
3. Sudah ada 5 provider : Telkomsel, XL , Indosat, Tri, Smartfren
L. Manik M.
1.
Data
Awal (5K)
a.
Kepastikan
sebagai peserta didik/guru aktif
b. Kepastian
data unik dan tunggal : Satu NISN, satu identitas, satu nomor, tidak tercatat
di beberapa sekolah
c.
Kepastian
nomor ponsel : Milik siapa? Nomor yang bersangkutan, saudara, ortu, wali
d.
Kepastian
aktif/tidak aktif nomor ponsel
e.
Kepastian
persetujuan Kepala Sekolah
2.
Dua
hal penting untuk data awal
a.
Data
siswa harus unik dan tunggal
Satu record, identitas, dan tercatat di satuan
pendidikan
b.
Data
guru tercatat aktif dan memiliki satu nomor induk
Gambar : Alur Verifikasi Verval
SPTJM berisi nomor nomor HP yang sudah melalui
proses verval.
3.
Nama
ibu kandung harus terisi di Dapodik
4. Lulus
dari MI dan sudah memiliki NISN, namun pada saat entri di SMP tanggal lahir
tidak sesuai, maka secara sistem tidak akan ditemukan.
Yudhantara - Mekanisme
Verval Ponsel
1. Satuan
pendidikan melakukan verval nomor ponsel peserta didik dan pendidikan. Data
awal nomor ponsel peerta didik cut off 11 September 2020
2.
Pusdatin
melakuan validasi nomor ponsel peserta didik dan pendidik
3.
Pusdatin
melakukan penyiapan data verifikasi keaktifan nomor ponsel
4. Provider
menarik data yang disiapkan Pusdatin untuk dipadankan dengan basis data
pelanggan milik provider
5. Provider
melakukan pemadanan untuk mematikan nomor ponsel yang diterima daro Pusdatin
dapat diisikan kuota internet. Nomor ponsel harus aktif dan tidak boleh berapa
pada masa tenggang. Nomor ponsel yang tidak memenuhi ketentuan dikembalikan ke
Pustadin sebagai data residu
6. Nomor
ponsel dengan kategori data residu dikembalikan ke Pusdatin untuk selanjutnya
diperbaiki kembali oleh Satuan Pendidikan masing-masing.
7.
Pusdatin
menyajikan data ke dalam Dashbord verval nomor ponsel di website
a. Jika
status record nomor ponsel tidak valid, maka satuan pendidikan dapat melakukan
perbaikan data nomor ponsel peserta didik dan pendidik.
b.
Jika
status record nomor ponsel valid, maka satuan pendidikan dapat mencetak SPTJM.
8. Semua akun operator harus tercatat di jaringan pendidikan/SDM kemdikbud sdm.data.kemdikbud.go.id
9.
Apabila
operator belum tercatat dapat melakukan registrasi dengan upload surat tugas
dari kepala sekolah.
Baca : Cara Daftar Akun Operator di SDM Kemdikbud untuk Verval Nomor Ponsel
10.
Mekanisme Verval Ponsel :
a.
Operator
login di verval ponsel
b.
Peserta
didik, Verifikasi No HP, Kepemilikan, Simpan
Residu provider > masa tenggang, nomor tidak
aktif. Jika masuk residu dapat dilakukan perbaikan data
Baca : Cara Verval Ponsel untuk Bantuan Kuota Internet Siswa dan Guru
11. Jika
data sudah lengkap dari peserta didik dan guru, operator cetak SPTJM, lihat juga
rekapitulasinya, di bawah ada tombol buat SPTJM.
12. Jika sudah klik buat SPTJM, data rekap pindah ke sudah verval
Baca : Solusi Nomor HP Masuk Residu
13.
Berkas
SPTJM
a.
Klik
daftar SPTJM
b.
Download
c. Format SPTJM hasil unduhan
d.
Cetak
e.
Bubuhi
materai 6000 tanda tangan kasek, stempel sekolah
f.
File SPTJM diunggah dalam bentun pdf ukuran
1 MB
14. SPTJM dapat dibuat 3 kali, dan dapat diupload 3 kali
Baca juga :
- Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik
- Cara Cepat Sinkronisasi Dapodik PAUD, SD, SMP, SMA
- Cara Cek Hasil Sinkronisasi Dapodik
- Perbedaan Tarik Data dan Sinkronisasi Dapodik
- Cara Mengatasi Pengguna Tersebut Belum Membuat Akun
- Cara Menambah PTK di Dapodik
- Cara Verval PD New / NISN
- Cara Memperoleh Sertifikat Akreditasi
- Contoh SK Tim Literasi Sekolah Terbaru
- Cara Cek Info GTK / TPP Terbaru
Tanya Jawab
1.
Apakah
verval bisa diperpanjang?
Tadi sudah disampaikan cut off verval 15
September 2020. Tanggal 11 September 2020 cut of entri di dapodik.
2.
Kebocoran
data?
Pusdatin tidak memberikan data
siswa, orang tua ke provider
3.
Tidak
semua guru masuk verval, apakah yang dapat NUPTK saja?
Bantuan kuota tidak dibatasi, yang penting dia
aktif, memiliki sekolah induk. NUPTK bukan acuan.
4.
Tentang
pengaduan?
Nanti
kita siapkan di website vervalponsel
5.
Guru
tidak muncul di kolom verval?
Apakah terkena cleansing apa tidak…
6.
Status
kepemilikan siswa misal milik tetangga?
Anggap saja milik wali
7.
SPTJM
ditandatangani oleh kasek PLT?
Boleh, tidak masalah
8.
MI/MTS/MA
tidak bantuan?
MI/MTS/MA tidak berada di naungan Kemendikbud.
9.
Server
verval?
Kita coba optimalkan, karena banyaknya yang
akses. Jangan smua akses saat detik-detik akhir masa verval. Mohon maaf dalam
waktu ini masih lambat saat di akses.
10.
Nomor
di daerah yang tidak ada sinyal, masih 2G?
Sudah kita sampaikan ke provider, tidak
dimasukan dalam bantuan kuota. Karena tidak bisa digunakan. Jadi, negara tidak
rugi. Peningkatan 2G ke 3G adalah ranah provider. Daerah yang tidak terjangkau,
akan ada bantuan bentuk lain.
11.
Link
sering gangguan, tidak bisa mencetak SPTJM?
Sudah kita bahas akan kita optimalkan, ini baru
saja satu minggu, ini program mendesak dan harus cepat, makasih masukannya. Ada
dua hal yang akan kita optimalkan server dan aplikasi.
12.
Operator
tendik bukan guru apakah dapat bantuan?
Saat ini bantuan masih diprioritaskan kepada
pendidik dan peserta didik jenjang SD/SMP/SMA/SMK. Paud masih dalam pembahasan.
13.
Ada
siswa tidak masuk verval?
NISN bermasalah, terdeteksi ganda.
14.
Perubahan
data siswa, edit NISN kenapa tidak bisa upload dokumen?
Apakah data mirip dengan data Pusdatin, jika
tidak mirip tidak bisa diajukan. Jika pengajuan secara frontal, maka ditolak
oleh sistem. Maka upload berkas tidak akan bisa.
15.
Saran
akses link verval dijadwal?
Terima kasih idenya, coba nanti dibicarakan. Mungkin nanti kita bikin jadwal, nanti kita bicarakan internal
Kabar gembira!!! Ops akan diperjuangkan dapat bantuan kuota! Semoga mimpi indah ini segera terwujud.