Catatan Sosialisasi Verval Ponsel Bantuan Kuota Internet (SD, SMP, SMA, dan SMK)

Rifaus.Id -  Catatan Singkat ini adalah sebuah catatan yang langsung diketik Rifaus.Id saat kegiatan Sosialisasi Verval Ponsel Bantuan Kuota Internet (SD, SMP, SMA, dan SMK) berlangsung pada  Selasa, 8 September 2020. Meski sempat terlambat mulainya, namun tidak mengurangi maksud dan tujuan dari kegiatan Sosialisasi Verval Ponsel Bantuan Kuota Internet (SD, SMP, SMA, dan SMK). Harapan Rifaus.Id tulisan ini dapat memberikan pencerahan terkait Verval Ponsel Bantuan Kuota Internet (SD, SMP, SMA, dan SMK) 

Berikut ini Rifaus.Id sajikan catatan singkatnya :

Sosialisasi Verval Nomor Ponsel Terkait Program Bantuan Kuota Internet (SD, SMP, SMA, dan SMK)

Oleh 

Rifaus.Id (infodapodik.blogspot.com)


MC         : Meita Chairany

Hasan Chabibie

  1. Mohon maaf atas keterlambatan acara
  2. Sekolah nantinya mencetak SPTJM terhadap kebenaran nomor HP,
  3. Sudah di atas 27 juta nomor hanphone yang sudah masuk dari siswa guru, mahasiswa dan dosen

Aris Setio Nugroho Pusdatin

1.  Harus ada SPTJM dari Kasek/Rektor, bahwa nomor2 itu valid atau tidak, nomor ini akan diberikan ke operator seluler, kemudian operator seluler melakukan verifikasi dan akan diberikan nota atau catatan dan akan diperbarui lagi oleh sekolah jika ada yang perlu perbaikan. Kemudian ditanda tangani SPTJM oleh Kasek. Nomor yang sudah di SPTJM inject quota

peserta didik SD/SMP/SMA/SMK 35 GB, Guru 42 GB, Mahasiswa/Dosen 50 GB

2.  Nomor yang akan dikembalikan ke sekolah jika gagal inject, dan diikutkan pada periode berikutnya pemberian bantuannya. Pemberian bukan pulsa tapi paket data. Harapan kami tidak ada jual beli pulsa.

3.       Sudah ada 5 provider : Telkomsel, XL , Indosat, Tri, Smartfren


L. Manik M.

1.       Data Awal (5K)

a.       Kepastikan sebagai peserta didik/guru aktif

b.    Kepastian data unik dan tunggal : Satu NISN, satu identitas, satu nomor, tidak tercatat di beberapa sekolah

c.       Kepastian nomor ponsel : Milik siapa? Nomor yang bersangkutan, saudara, ortu, wali

d.      Kepastian aktif/tidak aktif nomor ponsel

e.      Kepastian persetujuan Kepala Sekolah

2.       Dua hal penting untuk data awal

a.       Data siswa harus unik dan tunggal

Satu record, identitas, dan tercatat di satuan pendidikan

b.      Data guru tercatat aktif dan memiliki satu nomor induk


Gambar : Alur Verifikasi Verval 


SPTJM berisi nomor nomor HP yang sudah melalui proses verval.

3.       Nama ibu kandung harus terisi di Dapodik

4.    Lulus dari MI dan sudah memiliki NISN, namun pada saat entri di SMP tanggal lahir tidak sesuai, maka secara sistem tidak akan ditemukan.

 

Yudhantara - Mekanisme Verval Ponsel

1.   Satuan pendidikan melakukan verval nomor ponsel peserta didik dan pendidikan. Data awal nomor ponsel peerta didik cut off 11 September 2020

2.       Pusdatin melakuan validasi nomor ponsel peserta didik dan pendidik

3.       Pusdatin melakukan penyiapan data verifikasi keaktifan nomor ponsel

4.    Provider menarik data yang disiapkan Pusdatin untuk dipadankan dengan basis data pelanggan milik provider

5.   Provider melakukan pemadanan untuk mematikan nomor ponsel yang diterima daro Pusdatin dapat diisikan kuota internet. Nomor ponsel harus aktif dan tidak boleh berapa pada masa tenggang. Nomor ponsel yang tidak memenuhi ketentuan dikembalikan ke Pustadin sebagai data residu

6.  Nomor ponsel dengan kategori data residu dikembalikan ke Pusdatin untuk selanjutnya diperbaiki kembali oleh Satuan Pendidikan masing-masing.

7.       Pusdatin menyajikan data ke dalam Dashbord verval nomor ponsel di website

a.  Jika status record nomor ponsel tidak valid, maka satuan pendidikan dapat melakukan perbaikan data nomor ponsel peserta didik dan pendidik.

b.      Jika status record nomor ponsel valid, maka satuan pendidikan dapat mencetak SPTJM.

8. Semua akun operator harus tercatat di jaringan pendidikan/SDM kemdikbud sdm.data.kemdikbud.go.id

9.       Apabila operator belum tercatat dapat melakukan registrasi dengan upload surat tugas dari kepala sekolah.


Baca : Cara Daftar Akun Operator di SDM Kemdikbud untuk Verval Nomor Ponsel 


10.   Mekanisme Verval Ponsel :

a.       Operator login di verval ponsel

b.      Peserta didik, Verifikasi No HP, Kepemilikan, Simpan

Residu provider > masa tenggang, nomor tidak aktif. Jika masuk residu dapat dilakukan perbaikan data


Baca : Cara Verval Ponsel untuk Bantuan Kuota Internet Siswa dan Guru 


11. Jika data sudah lengkap dari peserta didik dan guru, operator cetak SPTJM, lihat juga rekapitulasinya, di bawah ada tombol buat SPTJM.

12.   Jika sudah klik buat SPTJM, data rekap pindah ke sudah verval


Baca : Solusi Nomor HP Masuk Residu


13.   Berkas SPTJM

a.       Klik daftar SPTJM

b.      Download

c.      Format SPTJM hasil unduhan

d.      Cetak

e.      Bubuhi materai 6000 tanda tangan kasek, stempel sekolah

f.        File SPTJM diunggah dalam bentun pdf ukuran 1 MB

14.   SPTJM dapat dibuat 3 kali, dan dapat diupload 3 kali


Baca juga :

Tanya Jawab

1.         Apakah verval bisa diperpanjang?

Tadi sudah disampaikan cut off verval 15 September 2020. Tanggal 11 September 2020 cut of entri di dapodik.

2.         Kebocoran data?

Pusdatin tidak memberikan data siswa, orang tua ke provider

3.         Tidak semua guru masuk verval, apakah yang dapat NUPTK saja?

Bantuan kuota tidak dibatasi, yang penting dia aktif, memiliki sekolah induk. NUPTK bukan acuan.

4.         Tentang pengaduan?

      Nanti kita siapkan di website vervalponsel

5.         Guru tidak muncul di kolom verval?

Apakah terkena cleansing apa tidak…

6.         Status kepemilikan siswa misal milik tetangga?

Anggap saja milik wali

7.         SPTJM ditandatangani oleh kasek PLT?

Boleh, tidak masalah

8.         MI/MTS/MA tidak bantuan?

MI/MTS/MA tidak berada di naungan Kemendikbud.

9.         Server verval?

Kita coba optimalkan, karena banyaknya yang akses. Jangan smua akses saat detik-detik akhir masa verval. Mohon maaf dalam waktu ini masih lambat saat di akses.

10.      Nomor di daerah yang tidak ada sinyal, masih 2G?

Sudah kita sampaikan ke provider, tidak dimasukan dalam bantuan kuota. Karena tidak bisa digunakan. Jadi, negara tidak rugi. Peningkatan 2G ke 3G adalah ranah provider. Daerah yang tidak terjangkau, akan ada bantuan bentuk lain.

11.      Link sering gangguan, tidak bisa mencetak SPTJM?

Sudah kita bahas akan kita optimalkan, ini baru saja satu minggu, ini program mendesak dan harus cepat, makasih masukannya. Ada dua hal yang akan kita optimalkan server dan aplikasi.

12.      Operator tendik bukan guru apakah dapat bantuan?

Saat ini bantuan masih diprioritaskan kepada pendidik dan peserta didik jenjang SD/SMP/SMA/SMK. Paud masih dalam pembahasan.

13.      Ada siswa tidak masuk verval?

NISN bermasalah, terdeteksi ganda.

14.      Perubahan data siswa, edit NISN kenapa tidak bisa upload dokumen?

Apakah data mirip dengan data Pusdatin, jika tidak mirip tidak bisa diajukan. Jika pengajuan secara frontal, maka ditolak oleh sistem. Maka upload berkas tidak akan bisa.

15.      Saran akses link verval dijadwal?

Terima kasih idenya, coba nanti dibicarakan. Mungkin nanti kita bikin jadwal, nanti kita bicarakan internal  



Kabar gembira!!! Ops akan diperjuangkan dapat bantuan kuota! Semoga mimpi indah ini segera terwujud.
Pe


Posting Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak