Cara Verval PD New / NISN pada https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/index.php/Csekolah/

Rifaus.Id - Setelah Dapodikpaudikdasmen dikerjakan, mungkin ini adalah tugas selanjutnya yang berkaitan dengan Dapodikpaudikdasmen yaitu Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (VERVAL PD) yang berkaitan dengan Nama, Tanggal Lahir dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Lebih familiernya dinamakan VERVAL PD NEW.

Caranya, cukup dengan membuka laman VERVAL PD kita sudah dapat login melalui halaman ini atau mengikuti langkah di bawah ini.
1. Buka aplikasi web browser, kemudian masukkan alamat https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/index.php/Csekolah/ di address bar. 

2. Masukkan username dan password yang sudah didaftarkan di aplikasi SDM, 
3. Klik tombol Log In.


Apabila berhasil, tampilannya seperti ini :




Tab DASHBORD
1.  Menampilkan diagram pie yang menunjukkan persentase siswa yang valid (NISN siswa data dapodik sesuai dengan NISN di database PDSP) dan persentase data siswa tidak valid (residu) pada sekolah tersebut.
  Grafik Perbandingan antara Data Peserta Didik Valid dan Data Peserta Didik Tidak Valid (Residu). Data dinyatakan Tidak Valid dikarenakan ada variabel yang kosong/ tidak diisi atau pengisian tidak benar dan mengandung spesial karakter.

2.  Menampilkan pengajuan perubahan data yang dilakukan oleh sekolah.
  Grafik Perbandingan antara: Total Pengajuan Perubahan Data, Jumlah Perubahan Data Disetujui, dan Jumlah Perubahan Data Ditolak 

3.  Menampilkan jumlah peserta didik berdasarkan jenis kelamin 
     Perbandingan jumlah peserta didik laki-laki dan perempuan per tingkat.


Tab DATA > PESERTA DIDIK 
1.  Menampilkan menu Peserta Didik berisi variabel master peserta didik seperti NISN, NIK, Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, Jenis Kelamin, dan Tingkat.

Keterangan :
Apabila pada tabel NISN berwarna kuning, berarti peserta didik tersebut belum memiliki NISN
Apabila pada tabel NIK berwarna merah, berarti peserta didik tersebut belum mengisikan NIK
Icon Peserta Didik apabila di ‘klik’ maka akan dialihkan ke halaman “Profil Siswa” 

Pada laman Profil Siswa berisi Data Atribut, Orang Tua, Longitudinal, dan Quality Control

Tab DATA > RESIDU 
Menampilkan residu yaitu Menu Residu berisi tabel kelengkapan variabel data peserta didik. Apabila data peserta didik sesuai maka akan dicentang warna hijau. Namun apabila data peserta didik tidak sesuai/ kosong maka akan disilang merah. 

Untuk Kolom Rombel/Sekolah bila dicentang hijau maka keterangannya “Unik”. Apabila disilang merah maka keterangannya “Siswa Teridentifikasi Mempunyai Lebih dari 1 Rombel/Sekolah”. Untuk Kolom NISN bila dicentang hijau maka keterangannya “Unik”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada beberapa kemungkinan yaitu; “NISN Kosong”, “NISN Tidak Sesuai dengan Format”, dan “NISN Dipakai Lebih dari 1 Record”. 


Untuk Kolom Nama bila dicentang hijau maka keterangannya “Konsisten”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada beberapa kemungkinan yaitu; “Nama Kosong”, “Nama Kurang dari 3 Huruf”, dan “Nama Mengandung Spesial Karakter atau Angka”. 

Untuk Kolom Tempat Lahir bila dicentang hijau maka keterangannya “Konsisten”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada beberapa kemungkinan yaitu; “Tempat Lahir Kosong”, “Tempat Lahir Kurang dari 3 Huruf”, dan “Tempat Lahir Mengandung Spesial Karakter atau Angka”. 

Untuk Kolom Tanggal Lahir bila dicentang hijau maka keterangannya “Konsisten”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada 2 kemungkinan yaitu; “Tanggal Lahir Kosong” dan “Tanggal Lahir Tidak Logis”. 

Untuk Kolom Ibu Kandung bila dicentang hijau maka keterangannya “Konsisten”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada beberapa kemungkinan yaitu; “Nama Ibu Kandung Kosong”, “Nama Ibu Kandung Kurang dari 3 Huruf”, dan “Nama Ibu Kandung Mengandung Spesial Karakter atau Angka”. 

Untuk Kolom NIK bila dicentang hijau maka keterangannya “Unik”. Apabila disilang merah maka keterangannya ada 2 kemungkinan yaitu; “NIK Kosong” dan “NIK dipakai oleh lebih dari 1 Record”.



Tab PENGELOLAAN > EDIT NISN 
Mengedit NISN apabila ada kesalahan NISN


Tab PENGELOLAAN > EDIT IDENTITAS 
   Mengedit identitas peserta didik apabila ada kesalahan nama, tempat/tanggal lahir, dan nama ibu kandung

    Pengajuan Edit Identitas yang berhasil diupload kemudian akan masuk ke Tabel Pengajuan Edit Identitas. Di dalam tabel tersebut tertera kolom Tanggal Pengajuan, NIK Lama dan Baru, Nama Siswa Lama dan Baru, Tempat Lahir Lama dan Baru, Tanggal Lahir Lama dan Baru, Ibu Kandung Lama dan Baru, Jenis Kelamin Lama dan Baru, Status Pengajuan, dan Keterangan. 

    Apabila dalam kolom status muncul icon (kotak kuning) berarti pengajuan masih “Proses”, bila muncul icon (centang hijau) berarti pengajuan “Disetujui”, dan bila muncul icon (X merah) berarti pengajuan “Ditolak”. 
   
   Penolakan pengajuan edit identitas disertai keterangan penolakan yang dapat dilihat di kolam keterangan, sehingga dipat diketahui dimana letak kesalahannya. 
 Aproval Pengajuan Edit Identitas dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota/Provinsi/Kantor Wilayah Kementerian Agama.

Tab PENGELOLAAN > PANDUAN APLIKASI 
   Memuat panduan aplikasi Vervalpdnew yang harus dipelajari oleh operator sekolah sebelum melakukan vervalpdnew. Silakan download : Panduan Aplikasi Vervalpdnew Terbaru 

Demikian Cara Verval PD New / NISN pada https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/ index.php/Csekolah/, semoga bermanfaat...
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak