Cek Sinkronisasi Dapodik Paud

Rifaus.Id - Mulai tahun ajaran 2020/2021, Paud bergabung dengan Dikdasmen sehingga Dapodiknya jadi satu yaitu Dapodik Paud Dikdasmen.  Seperti biasanya, tugas yang harus diselesaikan oleh Operator Sekolah setelah input dan validasi data, yaitu sinkronisasi Dapodik. 

Sinkronisasi adalah proses pengiriman data dua arah yang akan menurunkan data yang mengalami perubahan di server dan akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal ke server. Jika ada data yang invalid saat validasi lokal, proses sinkronisasi tidak dapat dilanjutkan.


Baca juga :

Setelah sinkronisasi berhasil, tugas selanjutnya adalah cek sinkronisasi Dapodik Paud dengan cara sebagai berikut.

2. Klik wilayah propinsi
3. Klik wilayah kabupaten
4. Klik wilayah kecamatan
5. Jika kecamatan sudah diklik, muncul nama-nama sekolah yang ada di wilayah kecamatan itu. Anda bisa klik nama sekolah yang Anda cari atau hanya melihat sekolah-sekolah mana saja belum dan sudah sinkronisasi dapodik di wilayah kecamatan itu.

Hasil sinkronisasi dapodik terbagi dalam tiga bagian, yaitu 
Belum terkirim warna merah 
Sudah terkirim warna hijau
Tdk tercatat (sync lagi) 

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat gambar rifaus.ID di bawah ini.





Untuk yang Tdk tercatat (sync lagi), lakukan sinkronisasi ulang. 

Operator yang bijak tidak akan melakukan sinkronisasi menjelang deadline, karena server  pasti overload/pengguna melebihi batas sinkronisasi.
Demikian artikel Cek Sinkronisasi Dapodik Paud, semoga bermanfaat!

Posting Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak