50 Soal dan Kunci Jawaban PAT PPKn Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Halo sahabat infodapodik, 

Jumpa lagi di blog informasi pendidikan. Berikut ini kami sampaikan 50 Soal dan Kunci Jawaban PAT PPKn Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka. Harapan disampaikannya 50 Soal dan Kunci Jawaban PAT PPKn Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka ini dapat dibuat belajar siswa dan juga referensi bagi guru dalam membuat soal serta bahan bacaan bagi para pembaca pada umumnya.

Ayo baca, pelajari dan pahami. Semoga 50 Soal dan Kunci Jawaban PAT PPKn Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka bermanfaat bagi kita semua.
   

Tulisan Terkait :

_

LEMBAR SOAL PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 7 BAB IV – VI KURIKULUM MERDEKA

 

1.     Persatuan dalam keragaman masyarakat Indonesia memiliki arti penting ....

A.     tercipta keamanan dalam lingkungan masyarakat

B.     terwujudnya kehidupan masyarakat yang serasi, selaras, dan seimbang

C.    terbentuknya aturan untuk mengatur hubungan masyarakat

D.    mempererat hubungan antar suku

#KUNCI: B

 

2.     Sikap yang harus dihindari dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman masyarakat Indonesia adalah ....

A.    memandang rendah suku atau budaya lain

B.    tidak menganggap suku dan budayanya paling baik

C.    menerima keragaman suku bangsa sebagai kekayaan bangsa

D.    mengutamakan negara daripada kepentingan daerah atau suku

#KUNCI: A

 

3.     Berikut ini adalah bentuk toleransi terhadap keragaman gender, kecuali...

A.    Membeda-bedakan laki-laki dan perempuan dalam berteman

B.    Memberikan perlakuan yang sama kepada semua teman

C.    Memberikan hak yang sama antara laki-laki dan perempuan

D.    Tolong-menolong tanpa membedakan jenis kelamin

#KUNCI: A

 

4.     Penyebab Indonesia memiliki keragaman gender adalah...

A.    sistem kemasyarakatan di beberapa daerah mengharuskan adanya dominasi salah satu jenis kelamin

B.    pendapat masyarakat daerah bahwa suatu pekerjaan lebih baik dilakukan oleh jenis kelamin tertentu

C.    pandangan dalam masyarakat yang mengelompokkan tugas-tugas tertentu berdasarkan jenis kelamin

D.    kedatangan bangsa asing ke wilayah Indonesia membawa nilai tersendiri tentang kekuasaan berdasarkan jenis kelamin

#KUNCI: B


5.     Salah satu contoh sikap menghargai keragaman suku bangsa di Indonesia adalah...

A.    hanya mau membantu saudara

B.    menghargai pendapat diri sendiri

C.    sangat bangga terhadap kebudayaan daerahnya

D.    menghormati suku lain yang sedang melaksanakan upacara adat

#KUNCI: D


6.     Keragaman suku bangsa di Indonesia bisa dilihat dari keragaman ...

A.    rumah adat dan warna kulit

B.    bentuk rahang dan warna mata

C.    bentuk bangunan dan mata pencaharian

D.    mata pencaharian dan bentuk tubuh

#KUNCI: C


7.     Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan rasa persatuan dalam keragaman adalah...

A.    Menghapuskan semua perbedaan

B.    Mementingkan suku dan budaya sendiri

C.    Menerima dan menghargai segala keragaman suku dan budaya sebagai suatu kekayaan bangsa

D.    Membatasi diri untuk bergaul dengan teman dari lain suku

#KUNCI: C

 

8.     Kemajemukan atau keragaman suku, bahasa, adat istiadat serta bentuk kesenian daerah bagi bangsa Indonesia merupakan...

A.    pemasukan devisa

B.    ciri khas bangsa Indonesia

C.    kekayaan bangsa Indonesia

D.    kebudayaan bangsa atau kebudayaan nasional

#KUNCI: D

 

9.     Agama yang dianut oleh bangsa Indonesia ada beragam, diantaranya Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. Agar tercipta kehidupan beragama yang harmonis, sikap yang harus dikembangkan adalah...

A.    Membatasi pergaulan dengan orang yang berbeda agama dan keyakinan

B.    bersikap toleran kepada orang yang berbeda agama

C.    Menghormati ibadah orang yang beragama sama dengan kita

D.    Tidak memaksakan kehendak kita kepada orang yang seagama

#KUNCI: B


Baca juga : Latihan-Soal-PPKn-Kelas-9-Kurikulum-Merdeka-Bab-1-3.html


10.  Keragaman suku dan budaya merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu kita jangan sampai mengabaikan suku dan budaya sendiri. Langkah yang tepat untuk dilakukan dalam melestarikan suku dan budaya bangsa tersebut adalah ....

A.    menerima budaya asing sebagai budaya kita juga

B.    mengenalkan budaya ke anak cucu dengan membuat program dan fasilitas yang relevan.

C.    menyaring budaya asing yang masuk

D.    lebih sering menggunakan budaya asing ketimbang budaya sendiri karena lebih menarik

#KUNCI: B

 

11.  Bangsa Indonesia disebut negara yang memiliki keberagaman dalam berbagai bidang. Kondisi tersebut menjadikan bangsa Indonesia disebut sebagai bangsa yang ....

A.    tunggal

B.    majemuk

C.    terpisah

D.    besar

#KUNCI: B

 

12.  Suku adalah kelompok manusia yang terikat oleh kesadaran dan jati diri mereka akan kesatuan kebudayaan mereka. Setiap suku bangsa memiliki ciri- ciri yang khas. Berikut ini termasuk aspek yang merupakan ciri- ciri yang khas dari suku bangsa adalah ....

A.    bahasa, adat istiadat, dan kesenian

B.    pandangan hidup, mata pencaharian, dan agama

C.    ciri fisik, keturunan, dan mata pencaharian

D.    keyakinan masyarakat, keturunan dan pandangan hidup

#KUNCI: A

 

13.  Salah satu hal yang harus dipupuk dalam membina sikap saling hormat menghormati dalam kehidupan beragama adalah ....

A.    bersifat reaktif dan menyerang

B.    toleransi antarumat beragama

C.    tolong menolong hanya bagi yang seagama saja

D.    suka berdebat dan memaksakan pendapat orang lain

#KUNCI: B


14.  Sikap yang harus dihindari dalam keberagaman ras agar tidak terjadi konflik di dalam masyarakat adalah ....

A.    toleransi

B.    tenggang rasa

C.    diskriminasi

D.    kedudukan yang sama

#KUNCI: C

 

15.  Berikut ini adalah akibat yang ditimbulkan oleh sikap diskriminasi terhadap ras tertentu, kecuali ....

A.    tidak tercapainya hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar sesama manusia

B.    kesulitan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia

C.    tercapainya tujuan nasional Negara Kesatuan republik Indonesia

D.    terjadi pelanggaran hak asasi manusia

#KUNCI: C

 

16.  Menganggap suku bangsa sendiri lebih maju, unggul, dan baik disebut sifat ....

A.    Ekstrimisme

B.    Primordialisme

C.    Chauvinisme

D.    Sekularisme

#KUNCI: C


17.  Salah satu contoh bentuk toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ....

A.    tidak mau bergaul dan berbaur dengan suku lain

B.    perasaan senasib sepenanggungan

C.    kepentingan pribadi lebih penting daripada kepentingan golongan

D.    menganggap suku sendiri lebih baik daripada suku lainnya

#KUNCI: B

 

18.  Contoh perilaku toleran dapat tercermin dari perilaku berikut ini, kecuali ....

A.    menghormati umat lain yang sedang mengerjakan ibadah agamanya

B.    memberi kesempatan umat lain untuk menjalankan ibadah agamanya

C.    berusaha mempelajari ajaran agama lain

D.    membantu teman yang tertimpa musibah tanpa memandang keyakinan mereka

#KUNCI: C

 

19.  Perilaku toleran dalam berbagai aspek kehidupan dapat memperkuat ....

A.    integrasi bangsa

B.    disintegrasi bangsa

C.    sifat rasisme

D.    rasa kedaerahan

#KUNCI: A

 

20.  Perilaku yang dapat dilakukan untuk menyikapi keberadaan ras dan suku di Indonesia adalah ....

A.    memandang rendah ras orang lain

B.    menonjolkan perbedaan ras

C.    mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan ras masing- masing

D.    bersikap bahwa setiap ras memiliki harkat dan martabat yang berbeda

#KUNCI: C

 

21.  Berikut ini adalah manfaat penanaman sikap toleransi dalam keberagaman bangsa Indonesia kecuali ....

A.    terciptanya kehidupan masyarakat yang tenteram

B.    terwujudnya persatuan bangsa

C.    terciptanya kelompok dan golongan baru dalam masyarakat

D.    kemudahan dalam mewujudkan tujuan nasional

#KUNCI: C

 

22.  Saat pemeluk agama lain menjalankan ibadah agamanya, hal yang patut dilakukan adalah ....

A.    ikut serta menjalankan ibadah agama merek

B.    membuat keramaian disekitar tempat ibadahnya

C.    mengganggu mereka agar tidak khusuk menjalankan ibadahnya

D.    bersikap tenang dan tidak membuat gaduh

#KUNCI: D


23.  Nilai - nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk melindungi dan mengolah lingkungan hidup secara lestari disebut ....

A.    Norma

B.    adat budaya

C.    kearifan lokal

D.    tradisi

#KUNCI: C

 

24.  Di bawah ini yang bukan merupakan fungsi dan manfaat kearifan lokal adalah ....

A.    menjaga kelestarian sumber daya alam

B.    menciptakan pandangan yang berlebihan dalam perasaan kesukuan

C.    mengembangkan sumber daya alam

D.    mengatur kehidupan masyarakat melalui aturan yang dibuat

#KUNCI: B

 

25.  Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa sehingga sangat rawan adanya perpecahan dalam masyarakat. Salah satu cara untuk membina persatuan dan kesatuan dalam keragaman tersebut adalah ....

A.    memperkaya khasanah budaya bangsa Indonesia

B.    menonjolkan bahwa suku bangsa sendiri lebih unggul

C.    membeda- bedakan suku bangsa

D.    menghargai dan menghormati segala perbedaan yang ada

#KUNCI: D

 

26.  Cara melestarikan budaya yang ada di Indonesia dapat dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali ....

A.    mempelajari kebudayaan yang ada di Indonesia

B.    menggunakan produk- produk lokal di Indonesia

C.    mempromosikan wisata- wisata menarik di luar negeri

D.    mengikuti kegiatan budaya yang ada di lingkungan sekitar

#KUNCI: C

 

27.  Adanya keragaman budaya Indonesia akan membawa manfaat dalam ....

A.    sumber pengetahuan bagi dunia

B.    memupuk sikap toleransi dan alat pemersatu bangsa

C.    menumbuhkan sikap nasionalisme

D.    jawaban A, B dan C benar

#KUNCI: D

 

28.  Daerah atau kawasan pesisir pantai memiliki ciri lingkungan fisik ....

A.    daerah bertebing

B.    dataran berpasir

C.    memiliki lembah yang landai

D.    daerah yang tidak rata

#KUNCI: B

 

29.  Mata pencaharian orang- orang yang tinggal di daerah pesisir pantai adalah ....

A.    perkebunan

B.    industri

C.    perikanan

D.    pertanian

#KUNCI: C

 

30.  Banyaknya bencana seperti banjir, tanah longsor, sebagian besar disebabkan karena perbuatan manusia dalam mengelola alam. Pernyataan yang tepat terkait hal tersebut adalah ....

A.    alam menuntun manusia untuk mengembangkannya

B.    manusia perlu menjaga lingkungan alam untuk kebaikan dalam kehidupannya

C.    manusia berhak untuk mengembangkan alam sebesar-besarnya

D.    keberadaan manusia adalah untuk mengelola alam

#KUNCI: B

 

31.  Di bawah ini yang merupakan faktor yang memengaruhi lingkungan hidup adalah ....

A.    Geografis

B.    sosial budaya

C.    teknologi

D.    semua jawaban benar

#KUNCI: D

 

32.  Di bawah ini aktivitas manusia yang dapat memengaruhi perubahan lingkungan adalah ....

A.    gempa bumi

B.    tsunami

C.    penebangan hutan

D.    gunung meletus

#KUNCI: C

 

33.  Salah satu cara untuk menghargai budaya lokal khususnya memelihara keberadaan situs lokal yang mengandung nilai sejarah seperti Situs Sentono Lasem Sidayu Gresik adalah ....

A.    memberitakannya secara luas

B.    tidak merusak dengan membuat coretan pada situs

C.    mempelajari melalui buku situs tersebut

D. mengajak masyarakat mengunjungi situs tersebut untuk berswafoto

#KUNCI: B

 

34.  Berikut ini adalah perilaku yang mencerminkan wujud kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, kecuali ....

A.    menyukai untuk berlibur keluar negeri

B.    menggunakan produk dalam negeri

C.    mempelajari tari-tarian tradisional

D.    menerapkan nilai tata krama yang baik

#KUNCI: A

 

35.  Di bawah ini yang bukan termasuk nilai-nilai budaya untuk mempersatukan bangsa Indonesia adalah ....

A.    gotong royong

B.    rasisme

C.    toleransi

D.    tenggang rasa

#KUNCI: B

 

36.  Langkah yang tepat untuk melestarikan keberadaan suku dan budaya bangsa adalah ....

A.    menerima budaya asing sebagai bagian budaya kita juga

B.    mengenalkan budaya ke anak cucu dengan membuat program dan fasilitas yang relevan.

C.    menyaring budaya asing yang masuk

D.    mengganti budaya sendiri dengan budaya asing yang lebih bebas

#KUNCI: B

 

37.  Kesenian merupakan bagian dalam tata kehidupan masyarakat yang berbudaya. Dibawah ini yang bukan merupakan fungsi seni secara umum adalah ....

A.    sarana hiburan bagi masyarakat

B.    menentukan norma perilaku yang teratur

C.    memecah belah persatuan masyarakat

D.    sebagai simbol komunikasi budaya dengan masyarakat lainnya

#KUNCI: C

 

38.  Usaha bersama antara orang per orang atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama disebut...

A.    kerja sama

B.    kerukunan

C.    tolong menolong

D.    tenggang rasa

#KUNCI: A

 

39.  Gotong royong merupakan sebuah unsur budaya yang melekat pada bangsa Indonesia. Berikut ini contoh gotong royong dalam kehidupan sehari-hari adalah...

A.    menghormati dan menghargai ibadah umat agama lain

B.    kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar

C.    membantu sesama yang kesusahan

D.    ikut serta dalam kegiatan amal

#KUNCI: B

 

40.  Berikut faktor-faktor penghambat dalam melakukan kerjsa sama (gotong royong) yaitu...

A.    adanya perbedaan pendapat

B.    ketidaksadaran manusia sebagai makhluk sosial

C.    mempunyai rasa percaya diri yang tinggi

D.    mementingkan urusan pribadi daripada kepentingan umum

#KUNCI: D

 

41.  Berikut ini yang bukan merupakan bentuk-bentuk kerja sama adalah...

A.    Gotong royong

B.    Akomodasi

C.    Joint venture

D.    Bargaining

#KUNCI: B

 

42.  Salah satu bentuk kerja sama dalam interaksi asosiatif adalah kerja sama tradisional yang di dalamnya termasuk gotong royong. Masyarakat bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi budaya gotong royong. Salah satu fungsi nilai sosial yang terkandung dalam gotong royong adalah...

A.    menentukan harga dan kelas sosial

B.    mengarahkan masyarakat untuk berpikir dan bertingkah laku

C.    membatasi perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat

D.    meningkatkan solidaritas sosial antar individu dalam masyarakat

#KUNCI: D

 

43.  Orang yang suka melakukan kerja sama atau gotong royong akan terhindar dari sikap..

A.    tepo seliro

B.    individualis

C.    kerukunan

D.    peduli

#KUNCI: B     

 

44.  Salah satu manfaat gotong royong adalah...

A.    meringankan pekerjaan

B.    menambah beban

C.    menjadikan pekerjaan tidak kunjung selesai

D.    memperlambat pekerjaan

#KUNCI: A

 

45.  Kerja sama dapat berjalan dengan baik jika semua warga...

A.    saling menunggu kerjaan

B.    saling memerintah

C.    saling bantu membantu

D.    saling menunggu diri sendiri

#KUNCI: C

 

46.  Gotong royong merupakan sebuah kerja sama yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat guna menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Adapun kelebihan gotong rotong dibandingkan dengan bentuk kerja sama lainnya yaitu...

A.    dilakukan tanpa pamrih

B.    dilakukan dalam berbagai kegiatan

C.    dilakukan secara bersama-sama

D.    hasil yang didapat menguntungkan semua pihak

#KUNCI: C

 

47.  Pada masyarakat kota yang sudah begitu komplek struktur sosialnya, pola kerja sama seperti gotong royong sudah memiliki modifikasi khas kota dengan motif berikut ini, kecuali...

A.    menggalang persatuan dan kesatuan berkaitan dengan cinta tanah air dan bangsa

B.    memperoleh keuntungan ekonomis secara efektif dan efisien

C.    menjalin keakraban dalam suasana kekeluargaan

D.    menghindarkan dari persaingan

#KUNCI: C

 

48.  Berikut ini merupakan nilai penting kerja sama dan gotong royong, kecuali…

A.    Menguatkan kebersamaan

B.    saling memahami

C.    saling menghargai

D.    saling acuh tak acuh

#KUNCI: A

 

49.  Seperti di dalam nomor ganda permainan bulu tangkis. Yang bertubuh pendek umumnya di depan, sedangkan yang tinggi di belakang. Yang depan menghadang shuttlecock di depan net, yang tinggi melancarkan smash dari belakang. Hal tersebut merupakan salah satu contoh dari nilai penting kerja sama dan gotong royong…

A.    Menguatkan kebersamaan

B.    saling memahami

C.    saling menghargai

D.    saling mengatasi kekurangan

#KUNCI: D

 

50.  Berdasar pemikiran Ki Hajar Dewantara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengenalkan empat ‘olah/karakter’ yang diperlukan dalam kehidupan, yakni olah hati, olah pikir, olah raga, serta olah rasa dan karsa.

Suka membantu teman, bersikap positif, dan pandai bersyukur menjadi ciri karakter … .

A.    olah hati (karakter biru)

B.    olah pikir karakter hijau)

C.    olah raga (karakter kuning)

D.    olah rasa dan karsa (karakter merah)

#KUNCI: A


Posting Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak