50 Soal dan Kunci Jawaban PAT PPKn Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Halo sahabat infodapodik, 

Jumpa lagi di blog informasi pendidikan. Berikut ini kami sampaikan 50  Soal dan Kunci Jawaban PAT PPKn Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka. Harapan disampaikannya 50 Soal dan Kunci Jawaban PAT PPKn Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka ini dapat dibuat belajar siswa dan juga referensi bagi guru dalam membuat soal serta bahan bacaan bagi para pembaca pada umumnya.

Ayo baca, pelajari dan pahami. Semoga 50 Soal dan Kunci Jawaban PAT PPKn Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka bermanfaat bagi kita semua.


LEMBAR SOAL PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 8
 
1.   Di bawah ini pernyataan yang tepat tentang kebangkitan nasional adalah...
A.   berubahnya cara perjuangan bangsa Indonesia
B.   berdirinya Budi Utomo
C.   berakhirnya kerajaan-kerajaan di Indonesia
D.   lahirnya bangsa dan negara Indonesia
#KUNCI: B
 
2.   Kebangkitan Nasional pada intinya adalah....
A.   kesadaran bangsa Indonesia untuk menang melawan Jepang
B.   kesadaran bangsa Indonesia akan potensi sebagai Bangsa dan persatuan
C.   kesadaran penduduk Indonesia akan pentingnya membayar pajak
D.   kesadaran Bangsa Indonesia tentang manfaat penjajahan Belanda
#KUNCI: B

 
3.   Perjuangan kemerdekaan Indonesia ditandai dengan era kebangkitan nasional. Kebangkitan nasional yang dimaksud adalah...
A.   dinyanyikannnya lagu Indonesia Raya oleh para pemuda
B.   kesadaran untuk membentuk pergerakan nasional
C.   munculnya organisasi kedaerahan
D.   perang melawan penjajah
#KUNCI: B
 
4.   Pada kongres pemuda, ketua Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) adalah ....
A.   R.M. Djoko Marsaid
B.   Soegondo Djojopoespito
C.   Moehammad Yamin
D.   Amir Sjarifuddin
#KUNCI: B
 
5.   Arti penting Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 bagi bangsa Indonesia adalah...
A.   puncak kebangkitan para pemuda
B.   tonggak persatuan para pemuda
C.   tonggak kebangkitan nasional
D.   tonggak kebangkitan nasional
#KUNCI: B
 
6.   Sumpah Pemuda merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia karena hal-hal berikut ini, kecuali...
A.   perjuangan yang bersifat lokal kedaerahan berubah menjadi perjuangan yang bersifat nasional
B.   Perjuangan menggunakan senjata meriam dan rudal
C.   Para pemuda sadar bahwa perjuangan yang bersifat lokal adalah sia-sia
D.   Mereka juga sadar bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan cita-cita kemerdekaan dapat diraih
#KUNCI: B
 
7.   Peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan...
A.   Satu tanah air, satu bangsa, dan satu Bahasa
B.   Satu tanah air, satu bangsa dan satu lagu kebangsaan
C.   Satu tanah air, satu kepala negara dan satu Bahasa
D.   Satu dasar negara, satu bangsa dan satu Bahasa
#KUNCI: A
 
8.   Perhatikan salah satu bunyi Sumpah Pemuda berikut!
Kami putra putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
 
Bunyi ikrar Sumpah Pemuda tersebut mengandung makna bahwa...
A.   keberagaman yang ada di Indonesia harus dilestarikan sebagai satu kesatuan di bidang sosial budaya
B.   ancaman terhadap keutuhan dan kedaulatan negara menjadi tanggung jawab seluruh bangsa Indonesia
C.   seluruh bangsa Indonesia harus memiliki rasa cinta pada tanah air sebagai bentuk penghormatan kepada penjajah
D.   kekayaan alam dan potensi yang ada di Indonesia dapat dinikmati untuk sebesar-besarnya kemakmuran penguasa
#KUNCI: B 
 
9.   Kongres Pemuda II berlangsung pada tahun 1928. Hikmah yang dapat diambil dari peristiwa tersebut adalah...
A.   hadirnya organisasi kedaerahan
B.   tercapainya kemerdekaan bangsa Indonesia
C.   lahirnya organisasi kepemudaan di Indonesia
D.   terwujudnya persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia
#KUNCI: D
 
10. Berikut ini merupakan nilai-nilai luhur dalam sumpah pemuda adalah…
A.   nilai persatuan, rela berkorban, cinta tanah air dan bangsa
B.   nilai persatuan, nilai kemandirian
C.   rela berkorban, cinta tanah air dan bangsa, nilai kemandirian
D.   semangat persaudaraan, nilai kemandirian
#KUNCI: A
 
11. Memberikan tempat duduk di dalam angkutan umum kepada ibu hamil adalah salah satu bentuk impelmentasi nilai luhur dalam sumpah pemuda…
A.   nilai persatuan
B.   nilai berkorban
C.   cinta tanah air dan bangsa
D.   mengutamakan kepentingan bangsa
#KUNCI: B
 
12. Mengonsumsi produk-produk lokal asli Indonesia adalah salah satu bentuk implementasi nilai luhur dalam sumpah pemuda…
A.   nilai persatuan
B.   nilai berkorban
C.   cinta tanah air dan bangsa
D.   mengutamakan kepentingan bangsa
#KUNCI: C
 
13. Berpartisipasi dalam program-program pembangunan desa adalah salah satu bentuk implementasi nilai luhur dalam sumpah pemuda…
A.   nilai persatuan
B.   nilai berkorban
C.   cinta tanah air dan bangsa
D.   mengutamakan kepentingan bangsa
#KUNCI: D
 
14. Berikut ini merupakan katakteristik yang dimiliki oleh budaya Indonesia, kecuali...
A.   hasil dari budidaya individu
B.   merupakan kebanggan nasional
C.   hasil dari budidaya masyarakat Indonesia yang sudah ada sebelum tahun 1945
D.   berasal dari budaya-budaya lokal daerah dan budaya nasionaL
#KUNCI: A
 
15. Pembangunan nasional harus didasarkan pada pembangunan karakter dan semangat gotong royong. Hal tersebut merupakan contoh dari tujuan pemajuan budaya, yaitu...
A.   haluan pembangunan nasional
B.   mencerdaskan kehidupan bangsa
C.   meningkatkan kesejahteraan rakyat
D.   melestarikan warisan budaya Indonesia
#KUNCI: A
 
16. Dalam pemajuan budaya, hendaknya kebudayaan dilaksanakan dengan semangat kerja sama yang tulus. Hal tersebut merupakan asas.... dalam pemajuan kebudayaan.
A.   Keberlanjutan
B.   Kelokalan
C.   Keterpaduan
D.   gotong royong
#KUNCI: D
 
17. Investasi kebudayaan atau pencatatan kebudayaan merupakan salah satu upaya pemajuan kebudayaan. Hasil dari pencatatan ini umumnya akan mengalami peningkatan, misalnya pada tahun 2016 tercatat ada 50 warisan budaya tak benda berupa adat istiadat dan ritual di seluruh Indonesia. Ternyata pada tahun 2018 ditemukan lebih banyak lagi yang jumlahnya mencapai 72. Oleh karena itu, dapat disimpulkan kebudayaan Indonesia makin berkembang tiap tahunnya. Hal sesuai dengan salah satu tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...
A.   memperkaya keragaman budaya
B.   mencerdaskan kehidupan bangsa
C.   menciptakan masyrakat yang sejahtera
D.   meningkatkan citra bangsa di mata dunia
#KUNCI: D
 
18. Pengenalan kebudayaan tradisional Indonesia perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar generasi muda tidak lupa dengan asalnya dan malah mengikuti kebudayaan asing dari negara lain. Uraian tersebut berkaitan erat dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...
A.   memperteguh jati diri bangsa
B.   mewujudkan masyarakat madani
C.   mencerdaskan kehidupan bangsa
D.   memperkaya keberagaman budaya
#KUNCI: A
 
19. Pemajuan kebudayaan Indonesia harus dilakukan dengan memperhatikan karakteristik daerahnya masing-masing. Hal ini merupakan penjabaran dari salah satu asas pemajuan kebudayaan, yaitu...
A.   Keberagaman
B.   Kelokalan
C.   Kesederajatan
D.   Keselarasan
#KUNCI: B
 
20. Berikut yang bukan merupakan tujuan pemajuan kebudayaan adalah...
A.   memperteguh jati diri bangsa
B.   mengembangkan nilai luhur bangsa
C.   mewujudkan masyarakat madani
D.   menerima kebudayaan asing sebagai kebudayaan bangsa
#KUNCI: D
 
21. Anak-anak dari UPT SMP Negeri 32 Gresik memainkan permainan tradisional bakiak. Permainan ini melatih keseimbangan, konsentrasi serta kerja sama tim sehingga dapat memupuk karakter anak.
 
Ilustrasi tersebut sesuai dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...
A.   memperkaya keragaman budaya
B.   mencerdaskan kehidupan bangsa
C.   meningkatkan kesejahteraan rakyat
D.   memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa
#KUNCI: B
 
22. Di bawah ini yang merupakan definisi dari literasi digital adalah...
A.   kemampuan seseorang untuk menggunakan teknologi atau internet sambil melaksanakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan
B.   kemampuan menggunakan teknologi dan internet dengan lancer
C.   kemampuan membaca tulisan dalam perangkat teknologi
D.   kemampuan membaca dan menulis sesuatu di internet secara orisinil dengan kreativitas pribadi yang dimilikinya
#KUNCI: A
 
23. Berikut yang merupakan tujuan dari literasi digital adalah...
A.   memberi kontrol dalam memahami media digital
B.   mengubah norma dan perilaku sehari-hari
C.   membatasi aktivitas dalam bergaul
D.   memberi kontrol dalam menjalin relasi
#KUNCI: A
 
24. Berikut ini yang merupakan manfaat literasi digital adalah...
A.   bisa bermain game online sepanjang waktu
B.   dapat mengakses informasi dengan cepat dan tepat
C.   menghabiskan waktu berjam-jam di media social
D.   mengirim pesan teks kepada teman-teman
#KUNCI: B
 
25. Mayes dan Fowler mengungkapkan bahwa literasi digital terdiri dari tiga level, yaitu digital competence (kompetensi digital), digital usage (pemanfaatan digital), dan digital transformation (transformasi digital). Gojek merupakan salah satu contoh dari digital…
A.   competence
B.   usage
C.   transformation
D.   media
#KUNCI: C
 
26. Kemampuan untuk memilah dan mengolah saat berhadapan dengan berbagai informasi dalam dunia digital disebut…
A.   competence
B.   usage
C.   transformation
D.   media
#KUNCI: A
 
27. kemampuan untuk memanfaatkan informasi yang sudah dipilah dan diolah tersebut untuk tujuan produktif, seperti untuk bisnis dan pendidikan disebut…
A.   competence
B.   usage
C.   transformation
D.   media
#KUNCI: B
 
28. Kemampuan melakukan inovasi menghasilkan metode atau produk baru yang bermanfaat bagi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital disebut…
A.   competence
B.   usage
C.   tranformation
D.   media
#KUNCI: C
 
29. Berikut ini, manakah sikap yang tidak seharusnya dimiliki dalam pemanfaatan teknologi digital...
A.   menggunakan teknologi dengan sebijak mungkin
B.   mencari informasi dari sumber yang jelas
C.   menyalahgunakan teknologi demi keuntungan pribadi
D.   sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari
#KUNCI: C
 
30. Terdapat dua pandangan berbeda yang berpengaruh di kalangan praktisi pendidikan media atau literasi media digital, yaitu...
A.   proteksionis dan protagonist
B.   perfeksionis dan preparasionis
C.   proteksionis dan preparasionis
D.   proteksionis dan proteksionis
#KUNCI: C
 
31. Di bawah ini yang bukan termasuk dampak positif dari perkembangan budaya digital adalah...
A.   membangun relasi melalui media social
B.   mudah mendapatkan informasi melalui internet
C.   memanfaatkan internet sebagai media belajar online
D.   menyebar hoaks secara cepat
#KUNCI: D
 
32. Salah satu etika berinternet (netiket) yang harus diperhatikan dan diterapkan saat berselancar di dunia maya….
A.   menulis atau memposting informasi yang valid dan benar.
B.   mengunggah konten yang bisa mengganggu atau merugikan orang lain serta menimbulkan kegaduhan sosial.
C.   menyampuri postingan yang bukan menjadi urusan kalian.
D.   mengintip apalagi mencuri data orang lain
#KUNCI: A
 
33. Salah satu bentuk etika berinternet (netiket) dalam menggunakan media digital adalah...
A.   menggugah setiap berita viral
B.   meneruskan informasi yang belum jelas kebenarannya
C.   menggunakan media sosial dengan baik dan bijak
D.   menggunakan media sosial untuk kesenangan pribadi
#KUNCI: C
 
34. Menjaga privasi dan keamanan saat menggunakan internet sangat diperlukan, karena…
A.   agar bisa mengunggah banyak foto dan video di media social
B.   untuk menghindari peraturan yang berlaku di sekolah
C.   untuk melindungi diri dari ancaman kejahatan cyber
D.   Agar bisa mendapatkan popularitas di dunia maya
#KUNCI: C
 
35. Di bawah ini yang sebaiknya dilakukan jika menerima pesan atau komentar yang tidak sopan di media sosial adalah…
A.   membalas dengan komentar yang sama tidak sopannya
B.   melaporkan masalah tersebut ke orang tua atau guru
C.   mengabaikan pesan atau komentar tersebut
D.   membagikan pesan atau komentar tersebut kepada teman-teman
#KUNCI: B
 
36. "Hoaks" dalam konteks literasi digital artinya…
A.Pesan yang ditujukan untuk mengolok-olok seseorang
B.Informasi yang tidak akurat atau palsu yang disebarluaskan di internet
C.Jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengirim pesan teks
D.Hasil dari sebuah penelitian ilmiah yang dibagikan secara online
#KUNCI: B
 
37. Cara mengidentifikasi berita palsu (hoaks) di internet adalah ...
A.   memeriksa sumber informasi dan reputasinya.        
B.   membaca hanya judul berita tanpa membaca isi berita.       
C.   membagikan berita tanpa memverifikasi kebenarannya.      
D.   membaca hanya judul berita dan langsung share
#KUNCI: A                             
 
38. Berikut aktivitas yang tidak mencerminkan tujuan penerapan netiket dalam menggunakan media digital...
A.   mencegah pengguna internet melakukan tindakan negatif
B.   membantu proses copy paste dalam mengerjakan tugas
C.   mengurangi maraknya hoaks
D.   memilih konten yang produktif
#KUNCI: B
 
39. Prinsip dasar penerapan etiket di media digital adalah...
A.   popularitas
B.   ekonomi
C.   kejujuran
D.   kebersamaan
#KUNCI: C
 
40. Selain memproduksi konten yang sehat dan mendistribusikan konten yang bermanfaat, hal yang perlu dipahami seseorang saat menggunakan media sosial adalah...
A.   kompetensi mencari berita terkini
B.   kompetensi mengaktifkan akun
C.   kompetensi memverifikasi
D.   kompetensi sharing
#KUNCI: C

Mohon doanya bisa lanjut buat yang 10 lagi sehingga bisa menjadi 50 Soal dan Kunci Jawaban PAT PPKn Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka, mohon komentar di kolom komen di bawah ini guna support penulis soal. :)

Posting Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak