Seleksi PPPK 2021, Mendikbud : Target 1 Juta Guru Honorer Diangkat PPPK

JAKARTA - Kemendikbud mengestimasi bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru (di luar guru PNS yang saat ini mengajar) berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Pembukaan seleksi untuk menjadi guru PPPK adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil untuk guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan penghasilan yang layak. Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim pada webinar di kanal Youtube KEMENDIKBUD RI,  Senin (23//1/2020).

Menurut Mendikbud, seleksi guru PPPK tahun 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Semua guru honorer dan lulusan PPG dapat mendaftar dan mengikuti seleksi PPPK, dan semua yang lulus seleksi akan menjadi guru PPPK hingga batas satu juta guru. 

"Agar pemerintah bisa mencapai target satu juta guru, pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah untuk mengajukan formasi lebih banyak sesuai kebutuhan," jelas Nadiem.

Lanjutnya, setiap pendaftar diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali. "Jika gagal pada kesempatan pertama, dapat belajar dan mengulang ujian hingga dua kali lagi (di tahun yang sama atau berikutnya)", jelas Nadiem.

SIMAK  Pengumuman Rencana Seleksi PPPK 2021 


Kemendikbud akan menyediakan materi pembelajaran secara daring untuk membantu pendaftar mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi. Pemerintah pusat memastikan tersedianya anggaran bagi gaji semua peserta yang lulus seleksi guru PPPK. 

"Biaya penyelenggaraan ujian ditanggung oleh Kemendikbud" pungkas Nadiem. (Rifaus.ID)

Posting Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak