Kunci Jawaban PKn SMP Kelas 8 Halaman 135 135 Kurikulum Merdeka: Uji Kompetensi Bab VI Literasi Digital dalam Kebinekaan Indonesia



Pertanyaan :
1. Ita memperoleh sebuah informasi dan membagikannya ke whatsapp group. Nina merasa informasi yang dibagikan Ita meragukan. Kemudian, Nina melakukan telusur informasi untuk mengkroscek kebenaran informasi tersebut. Nina menyimpulkan bahwa informasi yang dibagikan Ita tidak valid. Namun, Ita bersikeras bahwa informasi yang dibagikannya valid. Ita menunjukkan sumber internet informasi tersebut.

Bagaimana pendapat kalian tentang perbedaan pendapat antara Ita dan Nina dalam menilai validitas informasi? Apa solusi yang bisa kalian tawarkan, terutama untuk menentukan secara objektif validitas informasi yang dibagikan Ita?

Jawaban :
Perbedaan pendapat antara Ita dan Nina seringkali terjadi di era saat ini dimana informasi lebih cepat tersebar lewat media sosial.

Hal tersebut juga memudahkan orang-orang membagikan informasi tersebut secaa cepat, padahal informasi yang didapatkan tersebut belum tentu benar.

Solusinya, Nina bisa memberikan saran kepada Ita, agar Ita lebih berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang didapat serta mencari tahu kebenaran berita tersebut lewat berbagai sumber.
Hal ini juga bertujuan agar masyarakat Indonesia tak mudah terpancing sesuatu yang belum tentu benar.

Pertanyaan :
2. Edo mengajukan sebuah pertanyaan dalam whatsapp group yang diikutinya. Namun, hanya ada dua orang yang menanggapi. Dan itupun jawabannya kurang tepat menurut Edo. Sementara anggota yang lain tidak ada yang berkomentar.

Menurut analisis kalian, mengapa pertanyaan dari Edo tidak ada yang menanggapi? Bagaimana sebaiknya sikap Edo terhadap dua komentar yang ada?

Jawaban :
Bisa jadi anggota grub lainnya tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan Edo atau memiliki jawaban dari dua teman Edo tersebut.

Tak lupa, Edo berterima kasih atas respons dari kedua temannya tersebut.
Namun, jika dirasa belum puas dengan jawaban tersebut, Edo bisa mengajukan pertanyaan pribadi kepada teman yang dirasa berkompeten untuk menjawab pertanyaannya itu.

Pertanyaan :
3. Sekolah kalian mengalami kesulitan untuk menyajikan secara real time data kehadiran siswa. Selama ini, absensi siswa dilakukan secara manual, sehingga harus direkap terlebih dahulu setiap akhir bulan. Menurut kalian, bagaimana cara yang sebaiknya dilakukan sekolah? Inovasi digital apa yang bisa ditawarkan untuk mengatasi persoalan tesebut?

Jawaban:
Akan lebih efisien jika pihak sekolah membuat absen dengan menggunakan sidik jari.
Penggunaan metode sidik jari ini terbilang cukup efektif untuk merekap absen secara langsung.


Tulisan Terkait :
_
Tulisan diambil dari Tribunnews.com dengan judul Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 135 135 Kurikulum Merdeka: Uji Kompetensi Bab VI, https://www.tribunnews.com/pendidikan/2023/04/14/kunci-jawaban-pkn-kelas-8-halaman-135-135-kurikulum-merdeka-uji-kompetensi-bab-vi?page=2. Penulis: Linda Nur Dewi R Editor: Tiara Shelavie dan diedit sesuai kebutuhan.

Posting Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak