Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Halaman 96 Uji Kompetensi




Pertanyaan :
1. Pada sebuah sekolah terdapat organisasi siswa OSIS, MPK, PMR, dan Pramuka. Suatu hari, organisasi-organisasi sekolah mengadakan rapat kerja bersama. Setiap organisasi menyampaikan program kerjanya masing-masing. Ternyata didapati tumpang tindih program kerja antara organisasi-organisasi tersebut. Namun, setiap organisasi bersikukuh tidak mau mengurangi, apalagi menghilangkan program kerjanya. Rapat kerja pun deadlock (terkunci).
Bila kalian dimintai pendapat, bagaimana pendapat kalian sebagai solusi dan titik temu dari persoalan di atas? 

Jawaban :
Berusaha memaparkan setiap program kerja beserta kelebihan, kekurangan dan tantangannya. Sehingga akan terlihat mana program kerja yang harus diprioritaskan dan diambil.

atau boleh dijawab begini 
Organisasi yang bersangkutan dapat melakukan fusi (melebur jadi satu) atau federasi (kesatuan dalam keragaman) seperti gagasan yang disampaikan dalam Kongres Pemuda I.

Fusi dapat dilakukan bila program kerja setiap organisasi (visi) sama atau selaras. Cara ini akan menghasilkan program kerja dalam skala besar sehingga sdm dan rencana lainnya lebih terpusat.

Sedangkan federasi dapat dilakukan bila program kerja masing-masing organisasi memiliki program kerja dengan tujuan yang sama namun dengan nilai yang berbeda (misi). Langkah ini akan menghasilkan keberagaman karena program kerja dilakukan secara terpisah dan dalam skala kecil atau detail.


Pertanyaan :
2. Ketua RW mengadakan program pengaspalan jalan warga atas bantuan pencairan dana desa. Pengaspalan meliputi lima RT. Semua warga perwakilan RT datang bergotong-royong dan bekerja sama membersihkan jalanan yang akan diaspal.  Hanya, ada satu RT yang tidak ada perwakilan warganya. Usai pengaspalan selesai, ketua RT yang tidak mengirimkan perwakilan warganya tersebut, menyampaikan protes karena pengaspalan di wilayah RT-nya kurang rapi, tidak seperti RT-RT lainnya.

Jawaban : 
Berusaha mengatakan bahwa tidak ada pekerjaan yang sempurna dan itu semua selesai berkat bantuan semua warga yang bekerja sama. Mengatakan kepada ketua RT tersebut, "Tanpa mengurangi rasa hormat saya harap bapak menghargai kerja keras dan gotong royong warga. Jika ada kekurangan mohon dimaklumi selama tidak menggangu pengguna jalan.

atau boleh dijawab begini
Ketua RW dapat memberikan penjelasan terbuka dengan bukti-bukti yang jelas bahwa tidak ada perwakilan dari RT tersebut, karena tidak adanya perwakilan, RT lain menjadi kesulitan untuk melakukan pengaspalan sebab kurangnya pengetahuan mereka tentang lingkungan RT tersebut.

Ketua RW juga bisa sekalian memberikan nasehat kepada RT tersebut agar dia ikut berkontribusi dalam acara bersama. Selain untuk saling mengenal, bekerja sama akan memberikan hasil yang lebih baik.

RT tersebut juga bisa diberi nasihat agar mengambil pelajaran dari kesalahannya, bahwa mereka yang tidak berkontribusi, tidak perlu berharap lebih dan tidak seharusnya memprotes.


Pertanyaan :
3. Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia di bawah Kanada. Panjangnya mencapai 99.093 kilometer. Namun, faktanya Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam. Menurut analisis kalian, apa faktor yang menyebabkan Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam? Sebagai generasi muda, apa pemikiran yang kalian tawarkan untuk mengatasi gap antara produksi dan kebutuhan konsumsi garam?

Jawaban : 
Indonesia menjadi pengimpor garam karena memiliki banyak lautan mengingat lautan lebih luas dari daratan. Garam tetap dapat diimpor sesuai dengan permintaan pasar. Namun jika memiliki kelebihan pasokan garam bisa diolah menjadi produk lain dengan bahan utama garam. 

atau boleh dijawab begini
Luas lahan untuk membuat garam tidak sebanding dengan kebutuhan garam. Meski Indonesia memiliki garis pantai yang sangat panjang, tidak semuanya sesuai untuk produksi garam dan beberapa wilayah Indonesia sering diwarnai oleh awan/mendung. Karena gap itulah, akhirnya Indonesia mengimpor garam.

Faktor lain yang mungkin berpengaruh adalah peraturan, pengawasan, dan arus lalu lintas perdagangan (ekonomi) daerah hingga internasional seperti yang terjadi pada Oktober 2022 lalu. 

Kemudian ada faktor kurangnya kemampuan membuat garam berspesifikasi industri, dan belum maksimalnya program-program kerja pemerintah untuk membangun industri garam lokal.

_____________________

Bisa digunakan orang tua dan guru lain untuk memandu siswa saat menjawab soal. 





Posting Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak