Kunci Jawaban Mapel Pendidikan Pancasila Kelas 8 Halaman 89 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 Halaman 89 Kurikulum Merdeka

Bab IV Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda halaman 89
Buku : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk SMP Kelas VIII 
Penulis : Muhammad Sapei Trezadigjaya Prayogo

 

Pertanyaan : Siswa Aktif

1. Sebuah desa mengalami kekeringan. Sumur-sumur mereka kering. Hanya ada satu sumber mata air yang masih mengalir. Namun, letaknya cukup jauh di kaki pegunungan. Terbentang jarak sekitar 4 kilometer dari pemukiman warga. 

Bila kalian menjadi kepala desa tersebut, bagaimana cara kalian mengalirkan air dari mata air tersebut ke pemukiman warga? 

2. Sebuah komplek perumahan di kota mengalami masalah saluran drainase yang tidak berfungsi baik, sehingga setiap kali hujan deras, komplek tersebut kebanjiran. 

Bila kalian menjadi ketua RW komplek tersebut, bagaimana upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut? 

Tulisan Terkait :


Kunci Jawaban

1. Apabila saya sebagai kepala desa, akan segera melakukan Musdes (Musyawarah Desa) untuk merencanakan alokasi dana desa sesuai mekanisme yang berlaku. Kemudian dengan menggunakan dana desa dan peran aktif gotong-royong warga, bersama-sama membangun saluran air dari sumber mata air hingga didistribusikan ke pemukiman warga.

2. Bila saya menjadi ketua RW komplek tersebut, maka akan segera mengajak warga komplek untuk bergotong-royong atau kerja bakti bersama membersihkan drainase. Setelah drainase berfungsi dengan baik, seluruh warga komplek diwajibkan memelihara kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, dan saling mengingatkan.

Jawaban bisa dikembangkan sendiri

1 Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak