Kunci Jawaban Bab IV Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda Mapel Pendidikan Pancasila Kelas 8 SMP Halaman 96

Kunci jawaban Bab IV Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda Mapel Pendidikan Pancasila Kelas 8 SMP Halaman 96 Kurikulum Merdeka

Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan. 

1. Pada sebuah sekolah terdapat organisasi siswa OSIS, MPK, PMR, dan Pramuka. Suatu hari, organisasi-organisasi sekolah mengadakan rapat kerja bersama. Setiap organisasi menyampaikan program kerjanya masing-masing. Ternyata didapati tumpang tindih program kerja antara organisasi-organisasi tersebut. Namun, setiap organisasi bersikukuh tidak mau mengurangi, apalagi menghilangkan program kerjanya. Rapat kerja pun deadlock (terkunci). 

Bila kalian dimintai pendapat, bagaimana pendapat kalian sebagai solusi dan titik temu dari persoalan di atas? 

2. Ketua RW mengadakan program pengaspalan jalan warga atas bantuan pencairan dana desa. Pengaspalan meliputi lima RT. Semua warga perwakilan RT datang bergotong-royong dan bekerja sama membersihkan jalanan yang akan diaspal. Hanya, ada satu RT yang tidak ada perwakilan warganya. Usai pengaspalan selesai, ketua RT yang tidak mengirimkan perwakilan warganya tersebut, menyampaikan protes karena pengaspalan di wilayah RT-nya kurang rapi, tidak seperti RT-RT lainnya. 

Jika kalian menjadi Ketua RW, bagaimana cara kalian menyelesaikan persoalan di atas? 

3. Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia di bawah Kanada. Panjangnya mencapai 99.093 kilometer. Namun, faktanya Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam. 

Menurut analisis kalian, apa faktor yang menyebabkan Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam? Sebagai generasi muda, apa pemikiran yang kalian tawarkan untuk mengatasi gap antara produksi dan kebutuhan konsumsi garam?  

Tulisan Terkait :

Jawaban :
1. Program kerja yang saling tumpang tindih tidak akan bisa berjalan dengan baik bila tidak ada yang mau mengalah. Untuk menyelesaikan masalah ini, setiap organisasi bisa melakukan kolaborasi agar semua dapat berjalan dengan baik tanpa mengurangi program kerjanya. Selain menyatukan tujuan, kolaborasi ini juga dapat menambah kekompakan dan menumbuhkan toleransi.

2. Sebelum pengaspalan, seharusnya RT tersebut diperingatkan kembali agar mangikuti bersih-bersih sebelum program pengaspalan jalan.
Jika sekiranya masih tidak mau, maka pihak RW berusaha mengatakan bahwa tidak ada pengerjaan yang sempurna. Selain itu, kita juga perlu mengingatkan kepadanya bahwa rasa menghargai, menghormati, dan terima kasih perlu diutamakan daripada hanya sekadar mengeluh, mengingat semua RT sudah bekerja keras selain dirinya.

3. Faktor yang membuat Indonesia masih mengimpor garam pada saat ini adalah permintaan lebih besar daripada supply garam. Tidak hanya itu saja, tetapi jumlah petani garam juga sedikit bila dibandingkan dengan panjang garis pantai di Indonesia. Seharusnya kita berusaha menarik perhatian warga pesisir agar menjadi petani garam dengan memberikan bantuan modal. Selain itu, pemerintah juga perlu membenahi proses produksi garam di Indonesia, seperti perbaikan penyempurnaan saluran air garam.

Posting Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak