Kisi-kisi STS 1 PPKn SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

 Berikut ini kami sampaikan kisi-kisi soal Pendidikan Pancasila STSBK kelas 8 bab 1 dan 2.  

1. Disajikan fungsi dan kedudukan Pancasila, peserta didik dapat menentukan fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara

2. Disajikan alenia Pembukaan UUD 1945 peserta didik dapat menentukan alenia terkait Pancasila sebagai dasar negara

3. Disajikan bunyi pasal 29 ayat 1, peserta didik dapat menentukan pasal dan ayatnya

4. Disajikan contoh upaya untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan masyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasi upaya yang tepat. 

5. Disajikan fungsi dan kedudukan Pancasila, peserta didik dapat mengidentifikasi yang tidak termasuk fungsi dan kedudukan Pancasila

6. Disajikan arti penting Pancasila, peserta didik dapat mengidentifikasi arti penting Pancasila sebagai Dasar Negara

7. Peserta didik dapat mengidentifikasi akibat jika suatu negara tidak memiliki dasar negara

8. Disajikan fungsi dan kedudukan Pancasila, peserta didik dapat menentukan fungsi Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

9. Disajikan pernyataan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, Peserta didik dapat mengidentifikasi arti dari pandangan hidup

10. Disajikan fungsi dan kedudukan Pancasila, peserta didik dapat menentukan fungsi Pancasila sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum

11. Disajikan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang benar terkait fungsi Pancasila

12. Disajikan sila-sila Pancasila, peserta didik dapat mengidentifikasi sila-sila Pancasila yang terkait Kepribadian Bangsa Indonesia

13. Disajikan corak bangsa, peserta didik dapat menentukan corak khas bangsa Indonesia yang menjadi pembeda  dengan bangsa lain 

14. Disajikan fungsi dan kedudukan Pancasila, peserta didik dapat menentukan Pancasila sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa


Tulisan Terkait :
_

15. Disajikan cita-cita dan tujuan bangsa, peserta didik dapat mengidentifikasi cita-cita dan tujuan bangsa sesuai Pembukaan UUD NRI Tahun 1945

16. Disajikan bentuk-bentuk negara, peserta didik dapat menentukan bentuk negara Indonesia

17. Disajikan bunyi pasal 1 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945, peserta didik dapat menentukan pasal dan ayatnya

18. Disajikan perilaku-perilaku baik, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan menjaga keutuhan NKRI,

19. Disajikan bunyi pasal 1 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945, peserta didik dapat menentukan bentuk pemerintahan Indonesia

20. Disajikan bunyi pasal 1 ayat 3 UUD NRI Tahun 1945, siswa dapat menentukan pasal dan ayatnya

21. Disajikan ciri-ciri negara hukum menurut A.V. Dicey, peserta didik dapat mengidentifikasi yang bukan merupakan ciri negara hukum

22. Disajikan beberapa  perilaku yang mencerminkan sikap taat hukum, peserta didik dapat menemukan yang bukan perilaku taat hukum

23. Disajikan pasal 1 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945, peserta didik dapat menentukan bunyi pasal sesudah amandemen


Contoh Soal :

1. Pancasila menjadi landasan untuk mengatur penyelenggaraan negara, hal tersebut sesuai dengan fungsi Pancasila sebagai ... .

A. dasar negara

B. pandangan hidup

c. hukum dasar

D. ideologi negara


2. Rumusan resmi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia ... .

A. pertama

B. kedua

C. ketiga

D. keempat


3.  Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal itu ditegaskan dalam… .

A. pasal 29 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945

B. pasal 29 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945

C. pasal 30 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945

D. pasal 30 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945


4. Upaya yang paling tepat untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan masyarakat adalah ... .

A. mengkaji dan membandingkan dengan negara lain

B. dapat menghapal sila-sila Pancasila dengan baik

C. mampu mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam perilaku sehari-hari

D. mengerti dan memahami Pancasila


5. Berikut ini adalah kedudukan dan fungsi Pancasila, kecuali... .

A. Pancasila sebagai dasar negara

B. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum

C. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

D. Pancasila sebagai simbol kebanggaan negara


6. Arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi bangsa Indonesia yaitu... .

A. Pancasila menjadi milik pejabat Indonesia

B. Pancasila menjadi landasan pembenar tindakan penguasa

C. Pancasila sebagai alat pemecah belah persatuan

D.Pancasila menjadi pedoman menyelesaikan konflik


7. Akibat jika suatu negara tidak memiliki dasar negara adalah... .

A. Negara semakin kokoh dan kuat

B. Negara akan mudah hancur

C. Masyarakat akan semakin kompak

D. Persatuan kesatuan selalu terjaga

 

8. Pancasila merupakan nilai-nilai dasar dan luhur Bangsa Indonesia yang menjadi acuan serta pandangan hidup bangsa. Hal ini merupakan fungsi Pancasila sebagai … .

A. Pancasila sebagai dasar negara

B. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum

C. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

D. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa


9. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Pandangan hidup merupakan....

A. Cara pandang

B. Landasan berpikir

C. Dasar kehidupan

D. Sumber kehidupan


10. Perumusan hukum dan peraturan negara mesti bernafaskan pada sila-sila dalam Pancasila. Hal ini merupakan fungsi Pancasila sebagai … .

A. Pancasila sebagai dasar negara

B. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum

C. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

D. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa


11. Berikut ini pernyataan yang benar bahwa Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum adalah ... .

A. Pancasila berfungsi sebagai sumber hukum yang mengatur segala hukum yang berlaku di Indonesia

B. setiap hukum tidak boleh bertentangan dengan Pancasila

C. semua hukum harus tunduk dan bersumber pada Pancasila 

D. semua jawaban benar


12. Kepribadian Bangsa Indonesia yang terwarnai oleh sila pertama tercermin dari sikap ….

A. hidup taat menjalankan ajaran agama 

B. mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa

C. menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan

D. mengutamakan musyawarah mufakat untuk pengambilan keputusan bersama


13. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang ambil dengan jalan musyawarah. Mempertanggungjawabkan keputusan yang diambil secara moral kepada Tuhan Maha Esa. merupakan kepribadian bangsa Indonesia sesuai dengan Pancasila sila ke ….

A. Dua 

B. Tiga 

C. Empat

D. Lima


14. Menghormati hak orang lain, gemar memberikan pertolongan. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan Bersama  merupakan kepribadian bangsa Indonesia sesuai dengan Pancasila sila ke ….

A. Dua 

B. Tiga 

C. Empat

D. Lima

 

15. Pancasila adalah sebagai hal yang memberikan corak khas bangsa Indonesia dan menjadi pembeda yang membedakan bangsa kita dengan bangsa yang lain. Dalam hal ini Pancasila berperan sebagai ....

A. jiwa bangsa Indonesia

B. kepribadian bangsa Indonesia

C. sumber dari segala sumber hukum

D. perjanjian luhur


16. Pancasila merupakan pedoman untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur. Hal ini menunjukkan fungsi pancasila sebagai ....

A. perjanjian luhur

B. cita- cita dan tujuan bangsa Indonesia

C. sumber dari segala sumber hukum

D. kepribadian bangsa Indonesia


17. Pancasila sebagai cita- cita dan tujuan bangsa Indonesia yaitu untuk menciptakan masyarakat yang ....

A. bahagia dan sejahtera

B. aman dan sentosa

C. adil dan makmur

D. adil dan bahagia

18. Bentuk negara Indonesia adalah … .

A. Federal

B. Republik

C. Monarki

D. Kesatuan


19. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Hal ini dinyatakan dalam …

A. Pasal 1 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945

B. Pasal 1 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945

C. Pasal 1 ayat 3 UUD NRI Tahun 1945

D. Pasal 2 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945



20. Berikut ini merupakan perilaku yang mencerminkan menjaga keutuhan NKRI, kecuali… .

A. Menghormati teman-teman yang beragam suku

B. Membantu teman-teman yang sedang bertikai dan berselisih

C. Membantu teman-teman yang mengalami kesulitan dalam beradaptasi di lingkungan sekolah atau masyarakat

D. Menjaga ketertiban sosial


21. Di dalam Pasal 1 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945 dinyatakan bahwa negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk … .

A. Sentralisasi

B. Desentralisasi

C. Monarki 

D. Republik


22. Negara Indonesia adalah negara hukum. Hal ini tegas dinyatakan dalam …

A. Pasal 1 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945

B. Pasal 1 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945

C. Pasal 1 ayat 3 UUD NRI Tahun 1945

D. Pasal 2 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945


23. Di bawah ini bukan merupakan ciri negara hukum yaitu … .

A. Supremasi Hukum

B. Persamaan dalam Hukum

C. Perbedaan dalam Hukum

D. Asas Legalitas Hukum


24. Berikut ini merupakan perilaku yang mencerminkan sikap taat hukum, kecuali … .

A. Hadir ke sekolah tepat waktu dan tidak pulang sekolah sebelum waktunya

B. Melaksanakan tugas piket kelas dengan penuh tanggungjawab

C. Mengerjakan tugas pembelajaran yang diberikan guru dan mengumpulkannya tepat waktu

D. Memberi contekan kepada teman saat ujian


25. Kedaulatan adalah di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar. Hal tersebut merupakan bunyi … .

A. Pasal 1 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945 sebelum amendemen

B. Pasal 1 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945 sebelum amendemen

C. Pasal 1 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945 sesudah amendemen

D. Pasal 1 ayat 3 UUD NRI Tahun 1945 sebelum amendemen



Posting Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak