Cara Generate Prefill Dapodik 2021

Rifaus.Id - Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file .prf). Generate prefill merupakan data sekolah hasil sinkronisasi terakhir.


Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Aplikasi Dapodik yang aktif.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate prefill, sebaiknya petugas pendataan mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum, antara lain:

a) generate prefill yaitu tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline.

b) data sekolah yang diambil merupakan hasil sinkronisasi terakhir.

c) Masukkan username, password dan kode registrasi sesuai di Aplikasi Dapodik.

d) jika ada penggantian petugas pendataan di sekolah kode registrasi, username dan password dapat diganti oleh Admin Dapodik di Dinas Pendidikan.

e) registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus terhubung internet (online).

f) jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prefill yang lama (kadaluarsa). Jika ingin pindah ke komputer lain, lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang" untuk mencegah duplikasi data.

Nah, selengkapnya untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkah-langkah di bawah berikut:

a) buka laman https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan#prefill

b) pilih menu “DATA PREFILL”

c) pilih salah satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia dan disesuaikan dengan kode mapping prefill yang sudah tersedia.

Baca : Download Prefill Jawa Timur 

d) masukkan username, password, dan kode registrasi.

Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill merupakan data pengguna yang terdaftar di server pusat. Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, segera lakukan konfirmasi dengan Admin Dapodik Dinas Pendidikan.

Setelah berhasil memasukkan username, password, dan kode registrasi, klik “Generate” dan tunggu proses selesai. Klik “Download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak