Catatan Penting Verval Ponsel

Rifaus.Id - Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Nomor 8202/C/PD/2020 tentang Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik serta menunjang pelaksanaan implementasi SKB 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Kemendikbud akan memberikan bantuan kuota bagi seluruh peserta didik dan Guru yang tercatat dalam mekanisme pendataan Data Pokok Pendidikan.  Agar bantuan yang diberikan tepat sasaran, maka Pusat Data dan teknologi Informasi (Pusdatin) bersama dengan Dinas Pendidikan Kab-Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi perlu melakukan kontrol nomor ponsel yang digunakan oleh masing-masing peserta didik. Aplikasi verifikasi dan validasi data nomor ponsel ini ada di laman : https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ (laman terbaru)

Baca : Solusi Nomor HP Masuk Residu


Berikut ini kami sampaikan beberapa catatan penting hasil meeting Verval Ponsel dengan pusdatin 12/09/2020, yang kami copas dari grup facebook https://www.facebook.com/groups/dapodik.dikdasmen, tentang input Nomor Ponsel, semoga bisa dan dapat memahami :
1. Setelah tanggal 11 September 2020, perbaikan data ponsel hanya melalui website vervalponsel.
2. SPTJM dapat dicetak beberapa kali. (info sebelumnya hanya dapat dicetak 3 kali)
3. Jangan menunggu data valid semua baru cetak SPTJM karna jika menumpuk akan membebani beban kerja server dan provider untuk kroscek data.
4. Menu SPTJM belum aktif, berarti belum ada Data balikan yg telah dikroscek dr Provider.
5. Muncul keterangan nomor tidak aktif padahal aktif, Pastikan bahwa nomor tsb tidak pada masa tenggang atau tgl 15/09 tidak pada masa tenggang.
6. Jika ada data siswa tidak masuk ke vervalponsel, pastikan siswa tsb Unik (ber NISN, tidak ganda, tidak pada residu vervalPD),> perbaiki data siswa tsb pada vervalPD yg secara real-time akan masuk ke vervalPonsel.
7. Siswa sudah terverifikasi semua padahal belum di verval Operator, karena awalnya pusdatin mengirim data pada provider dan provider langsung memvalidasi data tsb aktif dan valid, > Logika aplikasi akan di optimalisasi sehingga bisa di verval lagi oleh operator.
8. Penting bahwa Setelah cetak SPTJM data nomor tersebut tidak dapat dirubah lagi.


9. Mengapa perlu vervalPonsel, karena Pusdatin selaku Wali Data, yang berwenang mengalirkan data ke pihak luar yang berkepentingan seperti kemensos/PIP, Kemendagri/NIK, KPK, dan Provider perlu memverifikasi dan memvalidasi kebenaran Data.
10. Beberapa upaya telah dan senantiasa dilakukan agar server vervalPonsel dapat diakses dengan lancar.
11. Program pemberian kuota fokusnya adalah untuk membantu Pembelajaran Daring (PJJ), yang mana melibatkan Guru dan Siswa.
12. Jika ada kasus data dari Dapodik belum ada yg masuk ke vervalPonsel, bisa kontak tim dr Pusdatin dengan menyertakan nomor NPSN (cek kontak Helpdesk pada akun sdm.data.kemdikbud.go.id)

Demikian catatan penting Verval Ponsel, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak