Cara Ampuh Edit Nama, Tanggal Lahir, NISN pada Dapodik versi 3.0.0

Anda penasaran dengan Cara Edit Nama dan Tanggal Lahir Siswa serta NISN di Dapodik versi 3.0.0?

Kalau jawabnya ya, maka Anda harus baca artikel ini selanjutnya (mungkin tulisan ini terlambat, he..he..)

Di aplikasi dapodik versi 3.0.0 sama halnya dengan dapodik v.2.0.8, Nama dan Tanggal Lahir Siswa serta NISN sudah terkunci. Lalu ada yang solusi penggunaan Inspect Element, namun hal ini tidak disarankan karena dikhawatirkan akan "menggangu sesuatu" di kemudian hari. 

Perhatikan cuplikan pernyataan ini tentang Inspect Element 
"Hasil Edit Inspect Element Menimbulkan Masalah Saat Verval. Tentu akan bermasalah karena untuk sistem verval berada diluar lingkaran data transaksi antara desktop dan server dapodik. Artinya memiliki perlakukan yang berbeda tentang penanganan masing-masing data tersebut. Data yang diambil adalah data dari server, apabila parameter yang dikunci mengalami perubahan sistem akan memperlakukan itu adalah data yang berbeda, sehingga yang dilakukan sistem bukan lagi merubah melainkan menambah yang tentu saja akan mengakibatkan data jadi duplikas"
Berdasarkan pernyataan di atas, sangat tidak disarankan menggunakan Inspect Element. Dan tidak disarankan menghapus Peserta Didik dari aplikasi dapodik, lalu bagaimana jika Data Siswa yaitu  Nama dan Tanggal Lahir Siswa serta NISN yang sudah terkunci di aplikasi dapodik.

Karena Operator Dapodik Sekolah Tidak Bisa melakukan Edit Data Nama, NISN, dan Tanggal Lahir Peserta didik Namun Operator Dapodik Sekolah Bisa mengajukan Edit/Perubahan Data Siswa, maka :

Hal yang perlu dilakukan oleh operator sekolah jika ingin melakukan Edit Nama, NISN, dan Tanggal Lahir Peserta DIDIK :   
1. Klik web VERVAL PD silahkan login.
2. Bila berhasil Login, silahkan Pilih Menu Edit Data pilih Pengajuan trus pilih NISN atau Nama/Tanggal Lahir

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan Gambar Berikut.

 Gambar 1 


  
Gambar 2


 
 Gambar 3

Untuk pengajuan perubahan Nama, Tanggal Lahir dan NISN, silakan scan dan upload dokumen yang dipersyaratkan seperti Ijazah atau Akta kelahiran peserta didik yang akan diajukan perubahan.

KABAR GEMBIRA :
edit data nama siswa, tanggal lahir PD dan PTK akan dapat di lakukan di aplikasi versi 3.01 sedang tahap final testing, semoga cepet bugsfree (Yusuf Rahmat FB).
Semoga bermanfaat

Posting Komentar

Admin infodapodik tidak bertanggungjawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak